Jumat, 03 Januari 2014

MANFAAT BUAH PISANG

MANFAAT BUAH PISANG
Pict from: wikipedia
Berdasarkan cara konsumsi buahnya, pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalambentuksegarsetelahbuahmatang, sepertipisangambon, susu, raja, seribu, dansunripe. Pisangolahandikonsumsisetelahdigoreng, direbus, dibakar, ataudikolak, sepertipisangkepok, siam, kapas, tanduk, danuli.
Buahpisangdiolahmenjadiberbagaiproduk, seperti sale, kue, ataupun arak (di Amerika Latin).
Selainmemberikankontribusigizilebihtinggidaripadaapel, pisangjugadapatmenyediakancadanganenergidengancepatbiladibutuhkan.Termasukketikaotakmengalamikeletihan.Beragamjenismakananringandaripisang yang relatifpopulerantara lain KripikPisangasal Lampung, Sale pisang(Bandung), PisangMolen (Bogor), danepe (Makassar).
Pisangmempunyaikandungangizisangatbaik, antara lain menyediakanenergicukuptinggidibandingkandenganbuah-buahan lain. Pisang kaya mineral sepertikalium, magnesium, fosfor, besi, dankalsium.Pisangjugamengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktifsebagai neurotransmitter dalamkelancaranfungsiotak. (sumber)
Biladirangkum, berikutadalahsederetkhasiat/manfaatbuahpisang( Referensi : kaskus.us, health.kompas.com, ramadan.okezone.com) :
1. Wanita yang tengahhamildianjurkanuntukmengkonsumsipisang, karenamengandungasamfolattinggi yang pentingbagikesempurnaanjanin, pembentukansel-selbarudanmencegahterjadicacatbawaan.
2. Untukparapekerjakerasdan yang senangberolahraga, pisangsangatbermanfaatuntukmengembalikan stamina, tenagauntukkerjaotot, danmenghilangkan rasa lelah.
3. Pisangjugacepatmenetralkankeasamanlambung. Pisang yang dicampursususangatbaikdihidangkansebagaiobat. Pisangbisamenjadiobatuntukpenyakitusus, sakitperut, danasamlambung.
4. Penderita diabetes dapatmenyuguhkanpisangsebagai menu utamapenggantinasi.
5. Penderita anemia jugadianjurkanbersahabatdenganpisang, karena di dalamnyaterdapatkandunganfe (zatbesi) yang baikuntukdarah.
6. SekelompokmahasiswaJurusanPendidikanDokter Gigi, FakultasKedokteran Gigi, UniversitasGadjahMada, Yogyakarta, membuktikanbahwagetahpisangbisamempercepat proses penyembuhanluka.
7. Bagipenderita lever, duabuahpisangseharidengantambahansatusendokmadu, akanbaikuntukmenambahnafsumakandanmeningkatkankuat.
8. Khususuntukpenderitalukabakar, Andadapatmenggunakandaunpisangsebagaipengobatan. Caranya, kulit yang terbakardiolesdengancampuranabudaunpisangdanminyakkelapa.Campuraninimampumendinginkankulit yang terbakar.
9. Pisangmengandungpotasium, yaitu mineral vital yang membantumenormalkandetakjantung, mengirimoksigenkeotakdanmengaturkeseimbangankadar air dalamtubuh. Ketikamengalami stress, metabolismetubuhakanmeningkatdrastissehinggamengurangikadarpotasiumtubuh. Denganpisang, potasiumdalamtubuhkadarnyaakanseimbang.
10. Di beberapanegara, pisangdipandangsebagaimakananpendingin yang dapatmenurunkantemperaturfisikdanemosionalibuhamil. Di Thailand contohnya, ibuhamilmengkonsumsipisanguntukmemastikanbayilahirdengantemperatursejuk.
11. Di sebuahsekolahInggris, 200 pelajarmampumenyelesaikanujianakhirhanyadengansarapanpisang. Merekajugakerapmengkonsumsipisangsaat jam istirahatsertamakansiang, sebabpisangmampumeningkatkankekuatanotak.
Bahkan, Penelitidari AS menemukan, lektin, senyawakimia yang ditemukandalampisangmampumenghambatperkembanganinfeksi HIV di tubuhdengancaramemblokmasuknya virus.
“lektindapatmengikatpadagula yang ditemukanpadabeberapatempatdaripenyebaran HIV-1, dansekiranyadapatbermutasigandapada virus yang tidakjauhdarilektin,” ungkapKetua Tim Peneliti, Michael Swanson dari University of Michigan sepertidikutipdari dailymail.co.uk, Rabu (17/3) olehrepublika.
Begitubanyaknyamanfaatbuahpisang, sungguhmerupakankaruniadariTuhankepadaumatmanusia.Wajibbagikitamensyukurinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar